Monday, February 13, 2017

FALCON

Falcon adalah salah satu superhero dari penerbit Marvel Comics hasil kreasi dari Stan Lee dan Gene Colan, diperkenalkan pertama kali di komik Captain America #117, September 1969.

Dalam aksinya Falcon menggunakan sayap mekanik untuk terbang dan mempunyai kemampuan telepati untuk mengontrol burungnya. Mengikuti jejak Steve Rogers, Falcon menjadi Captain America setelah Rogers pensiun.

Pada 2014 aktor Anthony Mackie berperan sebagai Falcon pada 2014 di film Captain America: The Winter Soldier.

Nama asli Falcon adalah Samuel Thomas Wilson, lahir di Harlem, New York City. Ayah dan ibunya mati terbunuh, karena duka yang sangat dalam Sam Wilson marah dan menjadi pendendam dia meninggalkan komunitas sukarelawan yang dia pimpin, pindah dan menjadi penjahat kriminal profesional yang dikenal dengan “Snap” Wilson di Los Angeles.

Ketika Sam Wilson akan melakukan aksi besarnya di Rio de Janeiro, pesawatnya jatuh di pulau Exile, Sam menemukan kedamaian di pulau tersebut, di tempat itulah Sam bertemu dengan burung yang akan menjadi partnernya kelak bernama Red Wing.

Pada saat yang sama pulau tersebut diserang sekelompok penakluk yang berkolaborasi dengan Red Skull pada Perang Dunia II. Kelompok tersebut dikhianati oleh Red Skull, mereka bersembunyi di pulau itu, dan menjadikan penduduknya budak mereka.

Red Skull menggunakan Cosmic Cube yang mempengaruhi realitas lain, secara mental Wilson dan Red Wing menjadi lebur dan menciptakan kekauatan “super-normal mental link” di antara mereka.

Kini akibat pengaruh Cosmic Cube, Sam Wilson menjadi bisa berkomunikasi dengan segala jenis burung termasuk Red Wing, saat kecil Sam Wilson memang sangat perhatian terhadap burung, bahkan dia pernah melatih beberapa burung merpati saat tinggal di Harlem.

Di realitas baru itu Sam Wilson menjadi sukarelawan yang jujur dan tulus terhadap penduduk pulau Exile dan membantu memperjuangkan kemerdekaan mereka.

Captain America yang saat itu berada di sana menjadi teman baik dan meyakinkan Wilson untuk menjadi karakter baru yang bisa memberikan inspirasi kepada penduduk lokal untuk melakukan pemberontakan terhadap pasukan eks Red Skull.

Keduanya lalu membuat kostum Falcon, berlatih bersama sebelum melakukan penyerangan dan mempertahankan pulau Exile dari Red Skull. Setelah kejadian tersebut Falcon menjadi partner Captain America dalam memberantas kejahatan.

Beberapa lama kemudian Falcon mendapatkan bantuan berupa baju tempur yang membuatnya bisa terbang dari Black Phanter.

Kekuatan Falcon

Awalnya kekuatan telepati antara Falcon dan Red Wing diciptakan oleh Professor X, namun kemampuan tersebut diakibatkan oleh pengaruh Cosmic Cube, selain komunikasi kekuatan telepati tersebut bisa memperlihatkan apa yang dilihat oleh Red Wing kepada Sam Wilson, mengingat apa yang dingat seluruh burung-burung di dunia dengan cara memusatkan pikiran dengan kuat.



The Walmart Exclusive Marvel Legends Captain America: Civil War Falcon

Dirilis sekitar bulan Agustus 2016 bersama figur Bucky (The Winter Soldier), disertai aksesori yang keren banget! Terdiri dari jetpack yang dilengkapi dengan sayap yang dibuat terpisah, dan 2 macam Red Wing, Red Wing versi melayang sebagai drone dan Red Wing yang terpasang pada jetpack. Red Wing versi drone tidak ada fitur khusus, jadi tidak bisa ditempel di tangan atau lainnya.

Sayang sekali figur Falcon ini tidak dilengkapi dengan senjata uzi submachine, padahal pose kedua tangannya seperti sedang memegang senjata tersebut.

Untuk artikulasi sendi figur Falcon cukup poseable. Seperti figur Scarlet With, Falcon tidak mempunyai sendi putar di bagian betis. Sendi Falcon terdiri dari 10 titik yaitu, sendi leher, bahu, bisep, siku, perut, pinggang, selangkangan, lutut, dan pergelangan kaki.

1 comment: