Monday, May 5, 2014

SINO Collections: WILD ANIMALS

Sino Collections Wild Animals Set.
Halo teman-teman, kali ini kita bahas action figure yuuuks! Eh tunggu, karena gak berartikulasi mari kita sebut saja figurine...

Kali ini figurine hewan dari SINO Collections lumayan oke untuk dibahas. Karena figurine tersebut anatominya bagus, lumayan proporsional untuk dijadikan model gambar, diorama, atau sekadar pajangan, yang jelas bukan jadi barang investasi kali yak? :D

Sentimentil

Kalau gak salah pada akhir 80-an waktu kecil saya pernah lihat figurine binatang ini di rumah bibi, benar-benar berkesan karena saat itu mainan yang sering dilihat adalah diecast mobil, pistol-pistolan, robot, figur jagoan, komik picisan, gambar umbul, dsb. Figurine hewan jarang atau bahkan belum pernah lihat, apalagi figurine hewan yang bentuknya hampir mirip dengan aslinya.

Sino Collections: Lion.
Yang dilihat waktu itu figurine jerapah dan singa...Merek? Mana inget! Jujur saja memperhatikannya gak sampai sedetail itu. Tapi bentuk dan rupanya masih ingat, bahkan sampai sekarang walaupun memang masih samar-samar.

Lagi pula waktu itu cuma bisa lihat karena letaknya di dalam lemari kaca bersatu dengan piring dan gelas jauh dari jangkauan anak-anak.

Meskipun dah menyatakan keinginan untuk pegang boneka hewan itu pada ibu, namun bibi gak mengabulkannya alasannya boneka itu untuk keperluan tugas kuliah.
Sino Collections: Leopard.

Model Gambar

Dari kecil suka menggambar tapi jarang banget menggambar hewan, mobil juga deng ehehehe...Kebanyakan kalau menggambar suka meniru dari gambar lain, kalau dari objek nyata jarang, di rumah ada beberapa action figure superhero untuk keperluan model gambar.

Diecast mobil dan motor juga ada. Hewan? Gak ada! Karena jarang menggambar hewan, baru "ngeuh" ketika harus menggambar kucing untuk komik strip Supermeong.
Sino Collections: Zebra.

Langsung deh ke Borma cari model figurine binatang, kebanyakan yang dilihat serangga dan figur-figur "wild animal" yang anatomi dan proporsinya gak bagus.

Ketika lewat peralatan dapur tiba-tiba ada bungkusan figur hewan pas diperhatikan ada boneka singa mirip dengan yang dilihat saat kecil di rumah bibi.

Karena yang diperlukan boneka kucing, ketika penjaganya ditanya "ada lagi gak boneka binatang lain?" Jawabnya "Cuma itu saja". Ya sudah akhirnya diambil saja kemasan itu, di dalamnya selain singa ada leopard, lumayan proporsinya mendekati dan mirip dengan kucing rumah. <--- Gak bakat jadi penulis skenario sinetron.

Sino Collections: Bear.
SINO Collections

Boneka hewan produksi SINO Collections seharga Rp. 24.200 ini berisi 6 macam hewan yaitu:

1. Lion (singa)
2. Leopard (macan tutul)
3. Bear (beruang)
4. Hippopotamus (kuda nil)
5. Zebra (zebra)
6. Rhinoseros (badak)
Sino Collections: Hippopotamus.

Mungkin ada seri yang berisi hewan jenis lain, namun saat itu figur hewan SINO yang tersedia cuma satu set saja.

Detailnya cukup otentik, karakter pahatan dan warna disesuaikan dengan masing-masing hewan. Setiap hewan disertai shading warna yang sesuai dengan aslinya, kecuali boneka badak yang tampak flat *gak pake nice*.

SINO?

Sino Collections: Rhinoseros.
Biasanya klo action figure produksi Amerika buatan Cina tahun pembuatannya sering disertakan, figurine hewan dari SINO ini cuma ada tulisan pabrik dan keterangan jenis hewan saja, tahun produksi tidak dicantumkan.

Jadi gak tahu figurine ini merupakan stok lama atau memang produk baru yang dicetak ulang. Ketika dicari di internet hampir tidak ditemukan produsen mainan bernama SINO.

Nama Mall

Yang muncul hanya nama mall bernama Sino Centre di Mang Kok, Hongkong, di tempat itu memang dijual figur-figur knoff-off, ada juga beberapa toko yang khusus menjual action figure atau collectible figurines asli. Untuk mencari figur murah kita harus menyusuri setiap toko figur di mall itu, karena setiap toko menetapkan harga figur sejenis berbeda-beda.

Kata Sino sendiri merujuk pada segala sesuatu yang berkaitan dengan sejarah, budaya, beserta orang-orang Cina kuno atau modern.

Kualitasnya bagus sih namun sayang satu skala.

Nama Pabrik

Tidak disertai tahun produksi.
Ada sih pabrik Sino Creation yang membuat aneka jenis gifts & premiums termasuk action figure plastik dan metal sampai ke perkakas dapur, tapi gak yakin apakah produsen tersebut memang SINO pembuat figurine hewan yang dijual di Borma atau bukan.

Salah satu produk yang dibikin oleh Sino Creation adalah Hulk bootleg dengan lampu di dada yang banyak beredar saat ini bersama tokoh Marvel dan DC lain seperti Wolverine, Captain America, Batman, Thor (movie), dan Spider-Man, semuanya mempunyai lampu di dada :D

Sino Creation berdiri sejak 1982 terletak di Guangzhou, Cina Selatan. Mereka membuat produk dengan desain sendiri (original design manufacturer/ODM) atau orderan dari perusahan mainan lain. Cakupan mereka mulai dari mold, produksi, jaminan kualitas, dan administrasi.

Bisa jadi figurine hewan ini memang diproduksi oleh pabrik tersebut melalui perusahaan mainan tertentu. Entahlah….

5 comments:

  1. Saya cuma punya lion, leopard, dan brown bear...itupun dapet beli barang second, dan benar, detailnya bagus...dan msh penasaran nyari yang lain sekarang 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibandingkan dg figurin hewan lainnya yang dipajang di Borma Sino paling bagus, apalagi kalau di-repaint lagi hehehe, cuma skala antar hewan sepertinya kurang akurat. Kayaknya akhir-akhir ini masih lihat figurine ini di gantungan Borma deh, coba tengok saja....

      Delete
  2. Kira kira beli yang kaya gini dimana ya kak ? Soalnya saya udah nyari di toko toko mainan kok ga ada

    ReplyDelete
  3. Kira kira beli yang kaya gini dimana ya kak ? Soalnya saya udah nyari di toko toko mainan kok ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lihat akhir-akhir ini di Borma masih ada.

      Delete